A. STANDAR LULUSAN
Diharapkan output para siswa meliputi :
a. Hafal Alqur’an, hadits-hadits, dan dzikir dzikir pilihan.
b. Mampu membaca Alqur’an dengan baik dan benar
c. Mampu menulis dan membaca
d. Tekun beribadah.
e. Berbakti kepada orang tua.
f. Hormat kepada yang lebih tua dan sayang keada yang lebih muda.
g. Mandiri, kreatif, dan bertanggung jawab.
h. Memiliki jiwa berdakwah, berjuang dan membantu kepada orang lain.
B. KURIKULUM PENDIDIKAN
Kurikulum yang kami kembangkan adalah kurikulum berlandaskan Alqur’an dan sunah yaitu ”Kurikulum Hidup dan Kehidupan” bukan hanya sekedar menyangkut struktur program pengajaran di dalam kelas atau di luar kelas, tetapi juga mencakup seluruh aspek kehidupan para siswa dengan guru, guru dengan orang tua siswa, baik dalam menjalankan hubungan dengan Allah ataupun hubungan sesama manusia dan alam, baik aspek individu maupun sosial, semua kegiatan disekolah, di rumah dan bermain tercakup dalam sebuah kurikulum.
Kurikulum tersebut mencakup 4 komponen yaitu: materi dan program pendidikan, proses transformasi ilmu, tujuan pendidikan, dan upaya pengembangan kurikulum.
Lembaga ini juga menitik beratkan pada tahfizh Alqur’an dengan metode TTM dalam menghafal qur’an dan al-Tibyan metode yaitu metode membaca Alqur’an yang telah diterapkan di beberapa negara seperti Mesir, Saudi Arabia, dan lainnya.
I. Materi dan Program Pendidikan
a. Materi
1. Pendidikan Alqur’an dan Hadits (dibaca, dihafalkan dan diamalkan)
2. Pendidikan Keimana (aqidah dan ibadah)
3. Pendidikan Akhlak (moral, iman, taqwa, jujur, rendah hati, kerja keras, ulet, tidak mudah menyerah dan tuntas)
4. Pendidikan Kompetensi (pembiasaan, kritis, komunikatif, kolaboratif)
5. Pendidikan Keilmuan (kecerdasan)
6. Pendidikan Literasi/keterbukaan (membaca, berbudaya, berteknologi, manajemen, psikologi qur’ani)
b. Program Pendidikan
Program pendidikan yang kami kemas dan kami laksanakan secara terpadu antara pendidikan formal dan non formal, dengan menggunakan “kurikulum hidup dan kehidupan” yang disesuaikan dengan jenjang pendidikan anak, dan dipraktekan dalam kehidupan sehari-hari dalam bingkai Alqur’an dan Hadits, program tersebut dibagi menjadi 3 bagian:
1. Intra Kulikuler
Dilaksanakan dalam sebuah kurikulum tingkat satuan pendidikan yang dilaksanakan di dalam kelas secara formal.
2. KO Kulikuler
Dikemas dalam sebuah program tambahan yang bentuknya pengamalan iabadah maliyah, akhlak, disiplin, pergaulan sehari hari disekolah maupun dirumah masing masing.
3. Ekstra Kulikuler
Ekstra kulikuler dikemas dalam bentuk olahraga sunah Rosul diantranya :
a. Memanah
b. Berkuda
c. Berenang
II. SDM, Bimbingan, Supervisi, dan Evaluasi
a. SDM
Tenaga pengajar, manajemen dan administrasi berasal dari beberapa daerah dan lembaga pendidikan tahfizh Alqur’an termasuk pondok-pondok modern yang terkemuka di Indonesia diantaranya :
1. Pondok Pesantren Modern Al Amien Prenduan Madura
2. Pondok Pesantren Modern Al Rahmah Walantaka Serang Banten
3. Pondok Pesantren Modern Manbaul Ulum Cirebon
4. Pondok Pesantren Modern Baitul Arkom Jember
5. Pondok Pesantren Modern Arrobitoh Ciparay Bandung
Adapun tenaga edukatif harus lulus seleksi dan mengikuti pelatihan sekurang kurangnya satu bulan penuh, dengan beberapa terapan pendidikan yang sifatnya praktik lapangan langsung.
b. Bimbingan
Bimbingan dilaksanakan dan dijadwalkan oleh lembaga dengan beberapa bentuk kegiatan diantaranya:
1. Pertemuan rutin
2. Pemanggilan secara khusus
3. Pembagian LPA
4. Panggung Kreasi Tahfizh
5. Pertemuan akhir tahun
c. Supervisi dan Evaluasi
Dilaksanakan secara efektif dan efesien dengan beberapa hal:
1. Waktu pelaksanaan
a) Harian
b) Mingguan
c) Bulanan
d) Semesteran
e) Tahunan
2. Ujian dan Tes
a) Tes Masuk
b) Wawancara Orang tua
c) Ujian Hafalan
3. Jenis Evaluasi
a) Studi Dokumen
b) Angket
c) Observasi
d) Wawancara
e) Case Study
III. Proses Transformasi
a. Metode Pendidikan
1. Mempertahankan cara-cara lama yang baik dan mengakomodir hal-hal baru yang lebih baik
2. Mengacu pada efektifitas, efesiensi, dan akselerasi
3. Metode menghafal dengan menggunakan metode TTM
4. Membaca Alqur’an dengan metode Tibyan
5. Ditekankan pada upaya-upaya keteladanan, pembiasaan, pembentukan kepribadian Qurani dan pengawasan
b. Manajemen
1. Dilaksanakan secara modern dengan falsafah ikhlas, cerdas dan tangkas
2. Meliputi manajemen administrasi, operasional, personalia dan edukatif
3. Berorientasi pada upaya pencapaian hasil, pengembangan dan pengamalan
IV. Dana dan Sarana
a. Diusahakan dengan cara-cara yang halal dan baik
b. Dipisahkan secara tegas antara hak milik pribadi dan hak milik lembaga atau umat
c. Mengacu pada jiwa kemandirian dan kesederhanaan
d. Dikelola dengan manajemen yang modern dan amanah
e. Tetap disikapi sebagai alat bukan tujuan
V. Lingkungan
a. Fisik dan non Fisik
b. Diciptakan untuk selalu edukatif dan kreatif
c. Disikapi sebagai salah satu unsur komplementatif bukan sekedar suplementatif
Tidak ada komentar:
Posting Komentar